MPPL – Tugas 2, Membuat RFP (request for proposal)

Proyek Website Guduk (good produk)

Latar Belakang

Seiring berkembangnya zaman, hal yang tidak biasa terkadang dibutuhkan. Pemanfaatan hal-hal yang tidak terduga merupakan suatu terobosan cerdas. Itulah yang sedang dikembangkan oleh UMKM yangmana mereka berlomba untuk memanfaatkan keunggulan daerah disekitarnya untuk diolah menjadi suatu barang atau alat yang lebih berguna. Seringkali UMKM memiliki ide-ide yang cemerlang akan tetapi tetap saja tidak ada lirikan dari masyarakat. Hal tersebut dikarenakan “branding” , dimana para pelaku UMKM ini tidak melakukan branding usahanya dengan baik dan memikat masyarakat sedangkan potensi ide mereka tinggi sekali untuk diterima masyarakat. Oleh karena itulah dibuat suatu solusi agar para pelaku UMKM ini memiliki branding yang baik agar dapat dilirik masyarakat luas.

Deskripsi Proyek

Proyek yang akan dibangun ialah sebuat platform yang berbasis website dimana menjadi portal antara pelaku UMKM dengan penyedia jasa branding melalui sistem bidding dimana para pelaku UMKM akan memposting bagaimana kenginan mereka dalam branding dan usahanya lalu para penyedia saja branding akan melakukan penawaran kepada pihak yang memposting tersebut dalam jangka waktu tertentu. Diharapkan agar pelaku UMKM menemukan penyedia jasa branding yang sesuai dengan harapannya.

Detail Kebutuhan Bisnis

Target Bisnis

  • Menampung / menjaring UMKM yang ada didaerah.
  • Menjaring para jasa branding yang sedang berkembang

Fitur Produk

  • Posting kebutuhan branding oleh UMKM
  • Bidding terhadap posting oleh jasa branding
  • Premium Account bagi kedua pihak dengan benefit tertentu
  • Rekap data terhadap transaksi yang terjadi
  • Rating terhadap jasa branding oleh UMKM

Format Proposal

Tidak ada aturan khusus untuk menyusun dokumen spesifikasi teknis, meskipun begitu kontraktor / vendor sangat dianjurkan untuk menyusun dokumen tersebut dengan struktur minimal sebagai berikut:

  1. Judul dokumen, versi / revisi, tanggal keluar, disclaimer, proprietary notice
  2. Daftar isi
  3. Daftar istilah / singkatan yang dipergunakan dalam dokumen tersebut
  4. Daftar gambar / tabel
  5. Pendahuluan 
    – Ulasan umum tentang sistem aplikasi GudUk
    – Konsep solusi
    – Konsep rancang bangun
    – Konsep security
  6. Referensi
    – Peraturan dan perundang-undangan 
    – Textbook
    – Internet site
  7. Sistem overview
    – Deskripsi fungsi sistem
    – Arsitektur dan platform
  8. Spesifikasi umum
    – Fungsional
    – Antarmuka (interface)
    – Basisdata
    – Adaptive (user preference setting)
  9. Spesifikasi khusus
    – Reliability
    – Interoperability
    – Scalability
    – Flexibility / Integrateability
    – User Friendliness
  10. Informasi lainnya
    – Jaminan operasional
    – Dukungan teknis
    – Pelatihan
    – Pemeliharaan
  11. Penutup 

Timeline Proyek

KegiatanTanggal
Deadline Proposal25 Juli 2019
Seleksi Proposal 26 – 31 Juli 2019
Pengumuman Hasil Seleksi1 Agustus 2019
Presentasi Proposal2 – 4 Agustus 2019

Kriteria Seleksi Proyek

  1. Biaya untuk realisasi proyek
  2. Kemudahan rancangan sistem
  3. UI/UX yang efektif dan menarik
  4. Kuantitas sumber daya yang digunakan

Anggaran Biaya

Untuk proyek GudUk ini disediakan anggaran biaya sebesar Rp. 15.000.000,00.

Informasi dan Kontak

Pertanyaan dipersilahkan hingga deadline
CP : 08144223324 (alam cahya)

Tata cara pengiriman proposal

  1. Lakukan format .pdf serta penamaan Proyek_GudUk_NamaInstansi
  2. Kirimkan proposal ke GudUk@PastiBisa.com dengan subjek “Proposal GudUk”.

Leave a comment